Rabu, 15 Juli 2015

Tirathaba sp

Seperti hama pada umum nya, hama yang sering mengganggu tanaman ini adalah sejenis serangga, serangga ini di namakan Tirathaba sp. Ciri dari serangga ini yaitu memiliki bercak hijau pada pangkal sayap nya, dan ukuran serangga jantan dan betina itu berbeda, sayap dan tubuh serangga jantan lebih pendek dari pada si betina, serangan serangga ini biasa di lakukan pada waktu sore hari menjelang malam, karena serangga ini merupakan serangga nokturnal, dan adapun cara serangga ini merusak tanaman kelapa yaitu dengan menebar telur nya bagian buah kelapa yang masih muda, setelah telur-telur itu menetas kira-kira 4 sampai 5 hari, larva-larvanya akan merangsek masuk ke dalam buah kelapa.


Serangan yang terjadi pada buah kelapa yang masih muda tersebut bisa mengakibat kan keguguran, pasti nya sangat merugikan banget yah gan jika larva-larva tersebut begitu banyak, dan sampai kapan pun tanaman kelapa tersebut tidak akan berbuah, yang tumbuh hanyalah pohon nya saja yang terus menjulang tinggi.
Jadi kesimpulannya Serangga ini menyerang tanaman kelapa tidak melihat usia  dari tanaman kelapa tersebut, karena serangga ini menyerang pada bunga kelapa, sehingga ketika buah kelapa sudah terbentuk dan banyak di selimuti oleh larva-larva dari serangga itu tidan akan membesar, malah buah kelapa tersebut akan rontok atau ke guguran, dan begitu lah seterus nya.
Adapun cara pengendalian nya yaitu:
– Sanitasi atau dengan cara melakukan penebangan dan gunakan kayunya untuk bahan bangunan.
– Penggunaan Baculovirus oryctes
– Pemanfaatan feromon atau menggunakan sebuah perangkap yaitu dengan menggunakan pipa PVC yang bagian bawahnya ditutup dengan sepotong kayu. Feromon sintetik digantung lubang masuk tersebut. Setiap perangkap dimasukkan 2 kg serbuk gergaji sebagai tempat berkembang biak kumbang yang terperangkap hidup di dalamnya.
– Menggunakan kamfer (naftalene balls), 3.5 g kanfer per pohon, yang diletakkan pada tiga pangkal pelepah dibagian pucuk, dan di kontrol setiap 45 hari.
-Menggunakan serbuk mimba (powdered neem oil cake),  Serbuk mimba yang dicampur dengan pasir kemudian disimpan pada pucuk kelapa yang menjadi tempat masuk nya serangga tersebut.


Sumber http://hewantumbuhan.com/2013/10/22/pengendalian-hama-tanaman-kelapa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar